Monday, October 26, 2009

Bahaya Mengumpat..

Ni ayat Indonesia ada perkataan x faham tu abai je lah hehee yg penting ilmu tu…
semoga memberi manafaat
Ada seorang wanita yang suka menggosipkan orang lain. ia selalu mengulangi ucapannya dan menyebarkannya ke sebanyak mungkin orang. tidak puas menceritakan ke tetangganya ia pun menyebarkannya lewat internet entah itu facebook, multiply, twitter, milis dll.
Pada suatu ketika gossip wanita ini terbukti tidak benar, ia mendapat cibiran dan malah ia yang digosipkan sebagai wanita pembuat cerita bohong. Setelah merasakan sendiri pahitnya digossipkan orang, wanita ini menyesali perbuatannya. Ia ingin menebus kesalahannya dan menemui seorang ustadz.
Setelah mendengar cerita dari wanita ini, sang ustadz memberinya wejangan;
"pergilah engkau ke pasar, lalu belilah seekor ayam yang sudah disembelih. Selama dalam perjalanan pulang, cabutilah satu per satu bulu ayam tersebut dan buanglah ke jalan sampai bulu ayam itu habis"
Walaupun wanita ini bingung dengan petunjuk sang ustadz, namun ia melaksanakan nasihat ini. Esok harinya wanita ini datang lagi menemui sang ustadz. Sang ustadz berkata "sekarang engkau harus mencari dan mengumpulkan bulu-bulu yang kemarin sudah engkau buang sepanjang jalan, setelah selesai bawalah kemari"
Wanita ini mengikuti jalan yang sama dengan jalan dimana ia mencabut dan membuat bulu ayam kemarin. tapi ia tidak menemukan bulu-bulu itu lagi. bulu-bulu itu sudah jauh berpindah tempat karena tertiup angin dan terbawa hujan. Setelah berjam-jam mencari, ia hanya bisa mendapatkan 3 helai bulu ayam. ia pun membawanya ke ustadz.
"Lihatlah, sangat mudah membuang bulu-bulu ayam itu tetapi tidak mungkin untuk mengumpulkannya kembali' demikian juga dengan gossip. sangat mudah menyebarkannya, namun sekali engkau lakukan itu, engkau tidak akan pernah bisa menariknya kembali.
****
"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari prasangka, sesungguhnya sebahagian prasangka itu adalah dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah sebahagian kamu mengumpat sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya...." (Surah Hujurat ; 12)

*p/s- kepada anda² yang suka mengumpat itu,hentikan lah...-bardjr™

No comments: